Kompetensi Kelulusan

Program Studi Teknik Elektromedik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta merumuskan kurikulum secara terstruktur yang terdiri dari kompetensi utama, kompetensi pendukung, kompetensi lainnya guna menghasilkan lulusan yang sesuai dengan visi, misi dan tujuan program studi yang berorientasi pada masa depan, sehingga lulusan Prodi Teknik Elektromedik dapat bersaing di dunia kerja yang selaras dengan visi dan misi UMY yaitu Unggul dan Islami (berdasarkan SK Rektor Nomor 021/SK-UMY/X/2012 ).
Pengertian setiap kompetensi diuraikan sebagai berikut.
1. Kompetensi Utama adalah kemampuan minimal untuk menampilkan unjuk kerja yang memuaskan sesuai dengan penciri program studi. Penciri Program Studi Teknik Elektromedik sesuai dengan visi Program Studi Teknik Elektromedik yang bertumpu pada penguatan iman dan taqwa kepada Allah SWT, serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.
2. Kompetensi Pendukung adalah kemampuan yang gayut dan dapat mendukung kompetensi utama serta merupakan ciri khas Program Studi Teknik Elektromedik.
3. Kompetensi Lainnya adalah kemampuan yang ditambahkan yang dapat membantu meningkatkan kualitas hidup, dan ditetapkan berdasarkan keadaan serta kebutuhan lingkungan Program Studi Teknik Elektromedik.

Uraikan secara singkat kompetensi utama lulusan
Secara umum, Program Studi D3 Teknik Elektromedik Program Vokasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berupaya untuk menyiapkan ahli madya yang Islami, berakhlaq mulia dengan kemampuan pemahaman konsep, analisis, dan aplikasinya dalam masyarakat, tekun bekerja dan bertanggung jawab. Lulusan diharapkan memiliki kompetensi utama sebagai teknisi dan analis dibidang peralatan kesehatan.
Kompetensi utama lulusan Program Studi Teknik Elektromedik UMY terdiri dari 9 kompetensi hard skill dan 5 komptensi soft skill.
Kompetensi hard skill meliputi :
1. Melakukan penggunaan, pemindahan dan pemasangan ulang, pengembangan, pemasangan, pemeliharaan, perbaikan peralatan Laboratorium pada sarana pelayanan kesehatan.
2. Melakukan penggunaan, pemindahan dan pemasangan ulang, pengembangan, pemasangan, pemeliharaan, perbaikan peralatan Radiologi pada sarana pelayanan kesehatan.
3. Melakukan penggunaan, pemindahan dan pemasangan ulang, pengembangan, pemasangan, pemeliharaan, perbaikan peralatan Terapi pada sarana pelayanan kesehatan.
4. Melakukan penggunaan, pemindahan dan pemasangan ulang, pengembangan, pemasangan, pemeliharaan, perbaikan peralatan Diagnostik pada sarana pelayanan kesehatan.
5. Melakukan penggunaan, pemindahan dan pemasangan ulang, pengembangan, pemasangan, pemeliharaan, perbaikan peralatan Life Support & Life Saving pada sarana pelayanan kesehatan.
6. Melakukan penggunaan, pemindahan dan pemasangan ulang, pengembangan, pemasangan, pemeliharaan, perbaikan peralatan Bedah & Anestesi pada sarana pelayanan kesehatan.
7. Melakukan pengukuran/ kalibrasi alat kesehatan/ kedokteran.
8. Memahami, merencanakan, dan menerapkan rancangan sistem jaringan instalasi medik dan sarana penunjang.
9. Mengidentifikasi masalah yang perlu diteliti atau dipelajari, merencanakan studi khusus, guna meningkatkan pengetahuan dan mengembangkan keterampilan yang berkaitan dengan profesi Elektromedis.

Kompetensi soft skill meliputi :
1. Lulusan mampu sebagai fasilitator, motivator, mediator dan mengorganisasi sumber daya secara sistematik dan efektif dalam tim multi-disiplin.
2. Lulusan memiliki komitmen terhadap ketepatan waktu, tanggung jawab profesi, etika dan sosial secara profesional.
3. Lulusan mampu mengembangkan kreativitas, inovatif dalam menyelesaikan masalah-masalah keteknikan.
4. Lulusan memiliki kesadaran, kemampuan dan kemauan untuk belajar sepanjang hayat (life long learning).

Uraikan secara singkat kompetensi pendukung lulusan
Kompetensi pendukung lulusan Program Studi Teknik Elektromedik UMY terdiri dari 7 kompetensi hard skill, yakni:
1. Melaksanakan identifikasi, pengelolaan dalam pemeliharaan dan perbaikan, pengawasan perencanaan dan pengadaan kebutuhan peralatan kesehatan.
2. Melaksanakan pengujian kualitas, fungsi peralatan, serta pengawasan fungsi dan pemakaian serta keselamatan kerja peralatan elektromedik.
3. Melaksanakan bimbingan/ penyuluhan pada pengguna jasa peralatan teknik elektromedik, serta melatih dan membina tenaga kesehatan yang menggunakan peralatan elektromedik. Selain itu mampu bekerjasama dengan tim kesehatan lainnya yang terlibat dalam memberikan pelayanan kesehatan, agar sesuai dengan standard pemakaian dan penggunaan peralatan kesehatan.
4. Lulusan mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip matematika, sains, dan pengetahuan lainnya untuk mengidentifikasi, merumuskan, dan menyelesaikan masalah bidang rekayasa peralatan kesehatan di Rumah Sakit.
5. Lulusan mampu berkomunikasi dengan efektif secara lisan/ tulisan dalam bahasa Indonesia/ bahasa Inggris dengan konsumen, sesama profesi, profesi lain, manajer, dan masyarakat.
6. Lulusan mengetahui simbol-simbol elektronika, merancang, mengembangkan, dan membuat suatu rangkaian maupun software, untuk menyelesaikan masalah teknik.
7. Lulusan memahami tentang anatomi dan fisiologi tubuh manusia.

Kompetensi lain lulusan Prodi Teknik Elektromedik adalah sebagai berikut:
1. Lulusan mampu menginternalisasi dan mengamalkan nilai-nilai keislaman yang terkandung dalam Al-Quran.
2. Lulusan mampu mengembangkan semangat berbangsa, penanaman nasionalisme dan wawasan nusantara.
3. Keterampilan enterpreneurship secara islami bagi yang ingin secara mandiri.
Keterampilan manejerial dalam mengurus organisasi.